My scribbles..!

Kesederhanaan bukanlah penghalang untuk menghasilkan yang terbaik.perjuangan,
pengorbanan begitu juga dengan
kesabaran dalam mengadapi masalah yang kerap selalu datang,tak ada hal sia-sia dalam hidup ini selama kita
berusaha untuk menjadi yang terbaik dalam hidup menuju kesuksesan dan kebahagiaan.. SO Nikmatilah Hidup ini dengan segala hal yang Positif
would you enjoy... gUY'z ..!



 

BILA ADA YANG SALAH PADA PAUD..!

Author: Eky NoZzI

Perkembangan awal tidak selalu berlangsung dengan cara yang mendorong rasa ingin tahu anak, kreativitas dan kepercayaan diri. Bagi beberapa anak, pengalaman awal tidak mendukung dan tidak dapat diprediksi. Sinapsis yang berkembang di otak tercipta sebagai respons terhadap stres kronis, atau jenis penyalahgunaan lain dan penelantaran. Dan, ketika anak-anak rentan terhadap risiko ini, masalah pengalaman awal dapat mengakibatkan hasil yang buruk. Sebagai contoh, beberapa anak dilahirkan dengan kecenderungan untuk mudah menjadi marah, impulsif dan tidak peka terhadap emosi orang lain. Bila saat penggabungan karakteristik anak dengan pengasuhan orang dewasa yang lalai, otak anak-anak dapat menimbulkan perilaku anak tidak simpatik. Jika karakteristik anak dengan bimbingan orang dewasa yang penuh amarah dan kasar, otak anak-anak dapat menyebabkan kekerasan dan perilaku anak yang terlalu agresif. Jika lingkungan rumah mengajarkan anak-anak untuk merasakan bahaya bukannya keamanan, maka hasil yang buruk dapat terjadi. 

Dalam kasus ini, bagaimana cara memelihara dan memberikan kontribusi untuk perkembangan otak di awal? 

Riset mengatakan bahwa paparan awal terhadap kekerasan dan bentuk-bentuk lain stres tidak terduga dapat menyebabkan otak untuk beroperasi pada jalur cepat. Seperti over aktivitas dari hubungan antara akson dan dendrit, dikombinasikan dengan kerentanan anak, dapat meningkatkan risiko kemudian masalah dengan pengendalian diri. Beberapa orang dewasa yang melakukan kekerasan dan terlalu agresif mengalami perawatan yang tidak menentu dan tidak responsif sejak awal kehidupan. Depresi orang dewasa juga dapat mengganggu aktivitas otak bayi. Ketika pengasuh menderita depresi yang tidak diobati, mereka mungkin gagal merespons sensitif untuk bayi menangis atau tersenyum. Ketidaktersediaan emosional orang dewasa dihubungkan dengan bayi dengan ekspresi emosional yang buruk. 

Program yang bekerja 

Walaupun anak-anak mendapat pengalaman kurang optimal di awal kehidupan, masih ada harapan untuk masa depan. Memahami bagaimana perkembangan otak dipengaruhi oleh pengalaman negatif memberi kita kesempatan untuk mencegah kesulitan-kesulitan di masa depan. Dan, karena kita tahu tentang awal perkembangan otak yang sehat dan pengalaman yang bayi dan balita diperlukan, program dapat dirancang untuk membantu anak-anak mengembangkan keterampilan yang diperlukan bahwa mereka mungkin tidak berkembang sebelumnya. Di Missouri, program Parents as Teachers (PAT) menyediakan informasi tentang perkembangan anak bagi orang tua yang anaknya adalah antara kelahiran dan usia 5 tahun. Informasi yang disampaikan oleh orangtua disiapkan dengan baik pendidik selama kunjungan ke rumah dan pengajaran di kelas, dan melalui rujukan kepada lembaga lain. Sebuah evaluasi program menunjukkan bahwa anak-anak PAT memiliki skor lebih tinggi pada ukuran intelektual dan kemampuan bahasa daripada anak-anak yang orangtuanya tidak berpartisipasi dalam PAT. PAT tersedia untuk semua keluarga di Missouri dan merupakan contoh yang baik tentang bagaimana pengasuh pendidikan tentang perkembangan anak dapat membantu anak-anak sepanjang hidup mereka.

Advokasi untuk anak-anak 

Awal penelitian perkembangan otak menguatkan pesan penting tentang anak-anak, yaitu "Sejak lahir, anak-anak sudah siap dan bersemangat untuk belajar dan tumbuh." Jika hendak mengambil keuntungan dari situasi ini berarti bahwa semua pengasuh perlu memahami pentingnya tahun-tahun awal untuk mengenali metode-metode yang tepat dalam merangsang anak-anak belajar. Memberikan kesempatan pendidikan kepada orang tua, kakek-nenek, pengasuh anak dan pengasuh lainnya adalah sebuah langkah dalam arah yang tepat untuk menjamin awal tahun produktif. Berbagi pesan ini dengan para pembuat kebijakan adalah strategi lain untuk memastikan bahwa bayi, balita, dan anak-anak dan pengasuh mereka menerima pendidikan dan dukungan yang diperlukan.