Visi adalah suatu cita-cita yang menjadi harapan sekolah; atau dapat diartikan visi adalah suatu impian yang ingin dicapai oleh sekolah. Visi juga dapat dilihat sebagai pandangan ke depan dengan memperhatikan hal-hal sebagai berikut :
1. Berorientasi ke masa depan yang lebih baik, bukan "status quo"
2. Antisipasi tentang kecenderungan perkembangan sejarah, budaya, dan nilai-nilai yang dianut organisasi
3. Keunikan (kekhasan) dan kompetensi yang ditonjolkan
4. Standar keunggulan, mewujudkan cita-cita yang tinggi da ambisi yang kuat
5. Rangsangan inspirasi, antuasiasme, dan komitmen
6. Kejalan atau sebagai arah untuk mencapai tujuan
Secara sederhana, misi dapat dipandang sebagai suatu rumusan tugas, kewajiban dan wewenang organisasi dalam rangka pengembangan sumberdaya manusia dan pengembangan bidang ilmu serta dalam rangkan pengabdian diri pada sekolah. Rumusan misi biasanya didasarkan pada Visi Organisasi.
Misi sekolah dapat dilihat sebagai tindakan merealisasikan visi sekolah yang telah dirumuskan. Misi sekolah harus mampu mengakomodasikan semua kelompok kepentingan yang terkait dengan sekolah, untuk itu misi merupakan rumusan tindakan untuk memenuhi semua kepentingan kelompok yang terkait dengan sekolah. Rumusan misi harus selalu berhubungan dengan tugas pokok dan fungsi yang harus diemban oleh kepala sekolah, kelompok masyarakat yang berkepentingan, dan instansi terkait dengan sekolah.
Sebagai penjabaran misi, tujuan hendaknya dapat menjawab tentang apa, yang akan dicapai dan atau dihasilkan oleh sekolah. Tujuan dapat dikelompokkan pada tujuan jangka pendek dan tujuan jangka panjang. Pertimbangan yang harus diperhatikan dalam merumuskan tujuan adalah :
1. hal-hal yang ingin dicapai sekolah
2. pernyataan mutu yang akan dihasilkan (keluaran yang diharapkan)
3. pernyataan tentang upaya yang dilakukan untuk mencapai hasil yang diharapkan
4. pernyataan tentang hasil yang dicapai
Dengan rumusan tujuan yang jelas dan terinci, sekolah akan dapat menetapkan strategi yang akan ditempuhnya. Strategi pada dasarnya merupakan cara yang ditempuh untuk mencapai tujuan. Dalam strategi terkandung hal-hal yang akan dilakukan bagaimana pengelolaannya dan sasaran serta jenis program sekolah yang hendak dicapai.